tulisan jalan

Selamat Datang di Gudangnya Matematika tempat Di Mana Anda Akan Menemukan Hal Menarik Tentang Matematika

Kamis, 06 Juni 2013

RPP TRIGONOMETRI

Ini adalh RPP yang saya buat untuk mengikuti lomba hardiknas dan alhamdulalilah mendapat juara harapan satu jadi buat kawan seperjuangan yang butuh rpp untuk mengajar trigonometri silahkan dilihat dan di beri komen




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)
                       
Nama Sekolah                   :           .....................................       
Mata Pelajaran                 :           Matematika
Kelas / Semester     :           X (Sepuluh) / Genap

Standar Kompetensi      :   5. Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar           :   5.1.         Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri.


Indikator                             :   1.    Menentukan nilai perbandingan trigonometri (sinus, kosinus, tangen, kotangen, sekan, dan kosekan suatu sudut) pada segitiga siku-siku.
                                                    2.    Menentukan nilai perbandingan trigonometri (sinus, kosinus, dan tangen) dari sudut khusus.
                                                    3.    Menentukan nilai perbandingan trigonometri (sinus, kosinus, dan tangen) dari sudut di semua kuadran.
4.    Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai       perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku, perbandingan trigonometri sudut -sudut khusus, dan perbandingan trigonometri dari sudut di semua kuadran.
5.    Menyelesaikan persamaan trigonometri sederhana.
                                                    6.    Menggunakan tabel dan kalkulator untuk menentukan nilai pendekatan fungsi trigonometri dan besar sudutnya.
                                                    7.    Menggambar grafik fungsi trigonometri dengan menggunakan tabel dan lingkaran satuan.
                                                    8.    Mengubah koordinat kutub ke koordinat Cartesius, dan sebaliknya.
9.    Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai        persamaan trigonometri sederhana, penggunaan tabel dan kalkulator untuk mencari nilai perbandingan trigonometri, pengambaran grafik fungsi trigonometri, dan koordinat  kutub.
10.  Membuktikan dan menggunakan identitas trigonometri sederhana dalam penyelesaian soal.

Alokasi Waktu                  :   20 jam pelajaran (10 pertemuan).



A.        Tujuan Pembelajaran
            a.    Peserta didik dapat menentukan nilai perbandingan trigonometri (sinus, kosinus, tangen, kotangen, sekan, dan kosekan suatu sudut) pada segitiga siku-siku. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
            b.    Peserta didik dapat menentukan nilai perbandingan trigonometri (sinus, kosinus, dan tangen) dari sudut khusus. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
            c.     Peserta didik dapat menentukan nilai perbandingan trigonometri (sinus, kosinus, dan tangen) dari sudut di semua kuadran. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
            d.    Peserta didik dapat menyelesaikan persamaan trigonometri sederhana. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
            e.    Peserta didik dapat menggunakan tabel dan kalkulator untuk menentukan nilai pendekatan fungsi trigonometri dan besar sudutnya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
            f.     Peserta didik dapat menggambar grafik fungsi trigonometri dengan menggunakan tabel dan lingkaran satuan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
            g.    Peserta didik dapat mengubah koordinat kutub ke koordinat Cartesius, dan sebaliknya.           
            h.    Peserta didik dapat membuktikan dan menggunakan identitas trigonometri sederhana dalam penyelesaian soal. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);   

  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Demokratis.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri, Keorisinilan

B.        Materi Ajar
·         Perbandingan trigonometri pada segitiga siku - siku.
·         Perbandingan trigonometri sudut - sudut khusus.
·         Perbandingan trigonometri dari sudut di semua kuadran.
·         Perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.
·         Perbandingan trigonometri sudut-sudut khusus.
·         Perbandingan trigonometri dari sudut di semua kuadran.
·         Persamaan trigonometri sederhana.
·         Penggunaan tabel dan kalkulator untuk mencari nilai perbandingan trigonometri.
·         Pengambaran  grafik fungsi trigonometri.
·         Koordinat  kutub (pengayaan).

C.        Metode Pembelajaran
            Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok.

           Pendekatan : PMRI

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Menentukan nilai perbandingan trigonometri (sinus, kosinus, tangen, kotangen, sekan, dan kosekan suatu sudut) pada segitiga siku-siku.
·        Menggambar segitiga dan mentukan sinus,cosinus dan tangen
·        Membuktikan dan menggunakan identitas trigonometri sederhana dalam penyelesaian soal.
·     Siswa dapat Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri.

D.        Langkah-langkah Kegiatan
            Pertemuan Pertama          
            Pendahuluan
            Apersepsi    :   -
            Motivasi       :  memberikan masalah dengan memutarkan video yang ada di power point dan Apabila materi ini dikuasai dengan baik, peserta didik diharapkan dapat menentukan nilai perbandingan trigonometri (sinus, kosinus, tangen, kotangen, sekan, dan kosekan suatu sudut) pada kehidupan sehari-hari.
            Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
            a.    Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru melalui slide di power point yang di dalamnya terdapat gambar segitiga siku-siku   untuk menentukan nilai perbandingan trigonometri (sinus, kosinus, tangen, kotangen, sekan, dan kosekan suatu sudut)  kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut   kemudian setelah itu guru akan memutarkan kembali video yang merupakan permasalahan pada saat materi baru dimulai dan memabgi siswa dalam beberapa kelompok dan mendiskusikannya ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);        
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
        a.    Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menyelesaikan masalah yang di berikan di awal pembelajaran dengan mengunakan nilai perbandingan trigonometri (sinus, kosinus, tangen, kotangen, sekan, dan kosekan suatu sudut) pada segitiga siku-siku. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
        
e.    Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. 69 sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a.    Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis);
b.    Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
            Penutup
        a.    Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
            b.    Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
            c.     Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dari soal-soal latihan dalam buku paket hal. 69 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);

           

E.        Alat dan Sumber Belajar
            Sumber
-      Buku paket,
-      slide power point
-      Buku referensi lain.

Alat : Laptop, LCD,Proyektor

                 



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar