RPP TRIGONOMETRI
Ini adalh RPP yang saya buat untuk mengikuti lomba hardiknas dan alhamdulalilah mendapat juara harapan satu jadi buat kawan seperjuangan yang butuh rpp untuk mengajar trigonometri silahkan dilihat dan di beri komen
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : .....................................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : X (Sepuluh) / Genap
Standar Kompetensi : 5. Menggunakan
perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan
masalah.
Kompetensi Dasar : 5.1. Melakukan
manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan,
fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri.
Indikator : 1. Menentukan
nilai perbandingan trigonometri (sinus, kosinus, tangen, kotangen, sekan, dan
kosekan suatu sudut) pada segitiga siku-siku.
2. Menentukan nilai perbandingan trigonometri
(sinus, kosinus, dan tangen) dari sudut khusus.
3. Menentukan
nilai perbandingan trigonometri (sinus, kosinus, dan tangen) dari sudut di
semua kuadran.
4. Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai perbandingan trigonometri pada segitiga
siku-siku, perbandingan trigonometri sudut -sudut khusus, dan perbandingan
trigonometri dari sudut di semua kuadran.
5. Menyelesaikan
persamaan trigonometri sederhana.
6. Menggunakan tabel dan kalkulator untuk
menentukan nilai pendekatan fungsi trigonometri dan besar sudutnya.
7. Menggambar
grafik fungsi trigonometri dengan menggunakan tabel dan lingkaran satuan.
8. Mengubah koordinat kutub ke koordinat
Cartesius, dan sebaliknya.
9. Mengerjakan soal dengan baik berkaitan
dengan materi mengenai persamaan
trigonometri sederhana, penggunaan tabel dan kalkulator untuk mencari nilai perbandingan
trigonometri, pengambaran grafik fungsi trigonometri, dan koordinat kutub.
10. Membuktikan
dan menggunakan identitas trigonometri sederhana dalam penyelesaian soal.
Alokasi Waktu : 20 jam pelajaran (10 pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
a. Peserta didik dapat menentukan nilai
perbandingan trigonometri (sinus, kosinus, tangen, kotangen, sekan, dan kosekan
suatu sudut) pada segitiga siku-siku. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
b. Peserta didik dapat menentukan nilai
perbandingan trigonometri (sinus, kosinus, dan tangen) dari sudut khusus. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
c. Peserta didik dapat menentukan nilai
perbandingan trigonometri (sinus, kosinus, dan tangen) dari sudut di semua
kuadran. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
d. Peserta didik dapat menyelesaikan persamaan
trigonometri sederhana. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras. Demokratis.);
e. Peserta didik dapat menggunakan tabel dan
kalkulator untuk menentukan nilai pendekatan fungsi trigonometri dan besar
sudutnya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
f. Peserta
didik dapat menggambar grafik fungsi trigonometri dengan menggunakan tabel dan
lingkaran satuan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras. Demokratis.);
g. Peserta didik dapat mengubah koordinat kutub
ke koordinat Cartesius, dan sebaliknya.
h. Peserta didik dapat membuktikan dan
menggunakan identitas trigonometri sederhana dalam penyelesaian soal. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Rasa
ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Demokratis.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Berorientasi
tugas dan hasil, Percaya diri, Keorisinilan
B. Materi
Ajar
·
Perbandingan trigonometri pada segitiga
siku - siku.
·
Perbandingan trigonometri sudut - sudut
khusus.
·
Perbandingan trigonometri dari sudut di
semua kuadran.
·
Perbandingan trigonometri pada segitiga
siku-siku.
·
Perbandingan trigonometri sudut-sudut
khusus.
·
Perbandingan trigonometri dari sudut di
semua kuadran.
·
Persamaan trigonometri sederhana.
·
Penggunaan tabel dan kalkulator untuk
mencari nilai perbandingan trigonometri.
·
Pengambaran grafik fungsi trigonometri.
·
Koordinat kutub (pengayaan).
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi
kelompok.
Pendekatan
: PMRI
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menentukan
nilai perbandingan trigonometri (sinus, kosinus, tangen, kotangen, sekan, dan
kosekan suatu sudut) pada segitiga siku-siku.
|
·
Menggambar
segitiga dan mentukan sinus,cosinus dan tangen
·
Membuktikan
dan menggunakan identitas trigonometri sederhana dalam penyelesaian soal.
|
·
Siswa
dapat Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan
dengan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri.
|
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan
Pertama
Pendahuluan
Apersepsi : -
Motivasi :
memberikan masalah dengan memutarkan video yang ada di power point dan Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, peserta didik diharapkan dapat menentukan
nilai perbandingan trigonometri (sinus, kosinus, tangen, kotangen, sekan, dan
kosekan suatu sudut) pada kehidupan sehari-hari.
Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta didik diberikan stimulus berupa
pemberian materi oleh guru melalui slide di power point yang di dalamnya
terdapat gambar segitiga siku-siku untuk menentukan nilai perbandingan trigonometri (sinus,
kosinus, tangen, kotangen, sekan, dan kosekan suatu sudut) kemudian antara peserta didik dan guru
mendiskusikan materi tersebut kemudian
setelah itu guru akan memutarkan kembali video yang merupakan permasalahan pada
saat materi baru dimulai dan memabgi siswa dalam beberapa kelompok dan
mendiskusikannya ditanamkan:
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan cara menyelesaikan masalah yang di berikan di awal
pembelajaran dengan mengunakan nilai perbandingan trigonometri (sinus, kosinus,
tangen, kotangen, sekan, dan kosekan suatu sudut) pada segitiga siku-siku. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
e. Peserta
didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. 69 sebagai tugas
individu. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras. Demokratis);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
Penutup
a.
Peserta didik membuat rangkuman dari
materi mengenai perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah
(PR) berkaitan dengan materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
dari soal-soal latihan dalam buku paket hal. 69 yang belum terselesaikan di
kelas atau dari referensi lain. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras. Demokratis.);
E. Alat
dan Sumber Belajar
Sumber :
- Buku
paket,
-
slide power point
- Buku
referensi lain.
Alat : Laptop, LCD,Proyektor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar